Rabu, 24 Februari 2010 di 11.06 |  
Teknologi Wireless Local Area Network (Wireless LAN) telah banyak dipakai baik untuk pelangan perumahan, SOHO (Small Office Home Office) dan perkantoran (Enterprise). Dari tipe lokasi tersebut tentunya memiliki karakteristik masing-masing sehingga keuntungan dan model implementasinya berbeda satu dengan lainnnya. Bagi area Enterprise (korporasi), Wireless LAN (WLAN) sudah sangat dianjurkan untuk segera diimplementasikan. Banyak keuntungan yang akan didapat baik yang tangible maupun intangible secara langsung.

Manfaat

Dengan adanya WLAN untuk suatu area enterprise, maka manfaat yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut :

- Produktifitas

Kapabilitas dalam hal komputasi merupakan syarat mutlak suatu korporasi agar produktifitas karyawannya dapat dihandalkan. Dengan dukungan teknologi WLAN maka karyawan (workers) dapat selalu tersambung ke internet dalam keadaan mobile. Dengan dukungan perangkat mobile maka karyawan dapat cepat merespon kebutuhan atau keluhan pelanggan. Hasil akhir tingkat penjualan dan loyalitas pelanggan juga semakin meningkat. Dalam keadaan tertentu maka proses pengambilan keputusan dapat segera dilakukan.

- Mobilitas

Mobilitas merupakan keuntungan yang paling utama bila WLAN diterapkan oleh kalangan enterprise. Dimanapun berada baik di area kantor (pusat maupun cabang) bahkan di area publik (hotspot) akan selalu dapat tersambung ke internet. Dengan demikian akan mendukung komunikasi (suara, data dan informasi) yang lebih cepat guna mempertahankan pelanggan, pemasok dan bahkan dalam menghadapi persaingan.

- Moral

Dukungan infrastruktur dan solusi yang handal dari enterprise (perusahaan) akan membuat karyawan yang berkerja di luar kantor lebih percaya diri dan bangga dengan perusahaannya. Selain itu loyalitas juga akan semakin meningkat sehingga tingkat perputaran karyawan dapat dihindari.

- Jejaring (jaringan)

Penerapan WLAN di suatu enterprise dapat mengembangkan jejaring (jaringan) ke area-area di lingkungan kerja secara efisien dan praktis. Sebagai contoh di area gudang, ruang kerja, laboratorium, administrasi, marketing dll.

- Praktis

Lebih praktis dalam pengembangan maupun redesign jaringan karena tanpa merusak/merubah jaringan fisik yang ada.

Implementasi

WLAN dengan karakteristiknya tidak hanya cocok untuk implementasi di lingkungan indoor,namun juga untuk lingkungan outdoor. Terdapat beberapa tipe lokasi (kondisi) enterprise atau perusahaan. Pada dasarnya WLAN dapat dimanfaatkan untuk korporasi yang terpusat atau terpisah baik jarak dekat maupun jauh.

- Hubungan antar gedung (Point to Point)



Gambar 1. WLAN untuk Hubungan LAN antar Gedung (source: www.alvarion.com)

Sesuai dengan gambar di atas, maka WLAN difungsikan untuk menghubungkan LAN antar gedung. Biasanya jarak antar gedung tersebut terpisah dengan jarak yang tidak terlalu jauh (< 1 Km).

- Hubungan antar Gedung (PMP) dan langsung ke Client



Gambar 2. WLAN untuk Solusi antar Banyak Gedung dan Client WLAN Outdoor (source: www.alvarion.com)

Pada implementasi di atas WLAN difungsikan untuk menghubungkan antar gedung sekaligus untuk menyambungkan ke perangkat client (notebook/PDA). AP (Akses Point) diset sebagai Akses Point (Workgroup) sehingga tipe client dapat berupa AP maupun WLAN card (PCMCIA, USB maupun PCI)

- Implementasi Indoor



Gambar 3. WLAN untuk Solusi Indoor

Ilustrasi dua gambar di atas, WLAN diimplementasikan untuk koneksi client ke jairngan intranet/internet di dalam gedung. Instalasinya dapat dipasang di ceiling mounted, wall mounted maupun ditempatkan di atas meja.

- Koneksi Antar Kantor Pusat dan Cabang



Gambar 4. WLAN untuk Mendukung Aplikasi VPN

Gambar di atas mengilustrasikan contoh implementasi WLAN untuk korporasi (Enterprise) dimana hubungan antar kantor pusat dan daerah disambungkan lewat jaringan internet. Hal tersebut disebabkan karena jarak antar kantor saling berjauhan (mungkin berbeda propinsi bahkan beda negara).

Teknik penyambungannya biasanya menggunakan teknologi VPN (Virtual Private Network). Setiap karyawan dimanapun berada bahkan di area Hotspot (bandara, hotel, kampus) tetap tersambung ke jaringan intranet setelah melakukan login ke server VPN.

Kelebihan lain setiap karyawan dapat secara automatic melakukan roaming di semua kantor (baik pusat dan daerah) yang telah dipasang WLAN.

Kesimpulan

1. Implementasi WLAN untuk enterprise sudah menjadi suatu yang sangat dianjurkan.
2. Kelebihan yang dapat diperoleh oleh kalangan enterprise dengan adanya WLAN adalah produktifitas, mobility, praktis, moral, jejaring dll.
3. Konsep seamless roaming antar kantor sudah mulai dirintis dengan adanya WLAN di semua kantor.
4. Perlu kajian lebih lanjut berkaitan dengan requirement WLAN untuk solusi Enterprise.
Diposting oleh Hadi Yudhitia

0 komentar: